Apabila Bapak/Ibu guru berminat, tranfer donasi SEIKHLASNYA ke rekening:
BCA Rek: 736-026-8602 a.n. Darmawan
BCA Rek: 736-026-8602 a.n. Darmawan
Setelah Bapak/Ibu guru mentransfer donasi tersebut, konfirmasi ke email:
4321darma@gmail.com
dan atau ke HP no. 081-710-5750
Beserta data anda:4321darma@gmail.com
dan atau ke HP no. 081-710-5750
(nama, alamat, hari dan tanggal transfer, jumlah transfer, alamat email)
(misal: Maman, Karawang, 24 Februari 2011, 100.000, maman@gmail.com )
Setelah transfer terkonfirmasi kami akan mengirimkan file tersebut dalam waktu 3 X 24 jam ke email anda. Mohon kirim pemberitahuan pada kami ke email atau HP di atas jika lebih dari 3 hari data belum terkirim.
1. Panduan Penyusunan Silabus dan RPP Permendiknas 4 tahun 2007
2. Silabus Pembelajaran EEK
3. RPP EEK (Elaborasi, Eksplorasi dan Konfirmasi) berkarakter bangsa
Kelas 1 s.d 6, B Inggris, Agama,Penjas
4..Prota (Program Tahunan)
5. Promes (Program Semester)
6. KKM
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ..............................
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester : VI / 1
Materi Pokok : Ciri-ciri khusus makhluk hidup
Waktu : 4 x 45 menit (2 X pertemuan)
Metode : Ceramah
A. Standar Kompetensi :
1. Memahami hubungan antara ciri-ciri makhluk hidup dengan lingkungan tempat hidupnya
B. Kompetensi Dasar
1.1 Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan (kelelawar, cicak, bebek) dan lingkungan hidupnya
C. Tujuan Pembelajaran**:
o Siswa dapat Memahami peta konsep tentang makhluk hidup
o Siswa dapat Mempelajari ciri khusus :
- Alat pendeteksi benda pada kelelawar (ekolokasi)
- Kaki lengket pada cecak dan tokek.
- Lidah yang panjang dan lengket pada bunglon dan landak semut
- Punuk pada unta.
- Mata dan pendengaran yang tajam pada burung hantu.
- Semburan air ikan pemanah.
- Mempelajari Bentuk sederhana bunga karang (koral).
& Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)
D. Materi Essensial
Ciri-ciri khusus beberapa jenis hewan.
E. Media Belajar
o Buku SAINS SD Relevan Kelas VI
o Buku atau majalah
F. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
Pertemuan ke-1 | |
1. Pendahuluan Apersepsi dan Motivasi : o Menyampaikan Tujuan Pembelajaran**: dan kompetensi yang diharapkan | (5 menit) |
2. Kegiatan Inti & Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: F Siswa dapat Memahami peta konsep tentang makhluk hidup F Mempelajari alat pendeteksi benda pada kelelawar (ekolokasi) - Memancarkan bunyi dari mulutnya, - bunyi tersebut akan dipantulkan oleh benda disekitarnya, - selanjutnya kelelawar dapat memperkirakan jarak benda tersebut dari bunyi yang kembali padanya F Mempelajari Kaki lengket pada cecak dan tokek. - Telapak kaki tokek mempunyai lapisan berupa struktur seperti rambut yang lengket F Mempelajari Lidah yang panjang dan lengket pada bunglon dan landak semut F Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan. & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis; F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut; F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok; F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok; & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, guru: F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan | (50 menit) |
3. Penutup o Memberikan kesimpulan - Kelelawar mencari makan dimalam hari dengan memanfaatkan pantulan bunyi - Cecak dan tokek merayap di dinding karena mempunyai perekat - Bunglon dan landak semut menangkap mangsanya dengan lidah. | (5 menit) |
4. Pekerjaan Rumah o Tugas PR | |
Pertemuan ke-2 | |
Apersepsi dan Motivasi : o Mengulang materi pertemuan sebelumnya | (5 menit) |
& Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: F Siswa dapat Menagih tugas pertemuan sebelumnya F Mempelajari Punuk pada unta. - Unta ada yang memiliki satu punuk dan ada yang dua punuk - Punuk berisi lemakuntuk menyimpan cairan - Unta tidak berkeringat, dan hanya sedikit mengeluarkan kotoran F Mempelajari mata dan pendengaran yang tajam pada burung hantu. - Kedua mata burung terletak di bagian depan kepala, memiliki leher yang lentur - Pendengaran nya sangat tajam untuk menentukan lokasi mangsanya. F Mempelajari Semburan air ikan pemanah. - Menyemburkan air pada hewan yang sedang bergantung F Mempelajari Bentuk sederhana bunga karang (koral). - Menempel didasar laut dan menunggu datangnya mangsa. F Sisi tubuh bunga karang mempunyai lubang halus tempat masuknya air F Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan. & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis; F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut; F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok; F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok; & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, guru: F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan | (50 menit) |
o Memberikan kesimpulan : - Unta memiliki punuk untuk menyimpan lemak - Burung hantu menggunakan mata dan telinga untuk mecari mangsa - Ikan pemanah menyemburkan air untuk menangkap mangsanya. o Bunga karang enempel di dasar laut dan menunggu datangnya mangsa | (5 menit) |
o Tugas |
G. Penilaian:
Indikator Pencapaian Kompetensi | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Instrumen/ Soal |
o Mencari contoh hewan yang memiliki ciri khusus untuk memenuhi kebutuhannya, misalnya: kelelawar dan cicak o Mendeskripsikan cirri khusus hewan yang ada di sekitarnya, misalnya kelelawar mempunyai alat pendeteksi benda-benda di sekitarnya (sonar) | Tugas Individu | Laporan | o Sebutkanlah contoh hewan yang memiliki ciri khusus untuk memenuhi kebutuhannya, misalnya: kelelawar dan cicak o Jelaskanlah cirri khusus hewan yang ada di sekitarnya, misalnya kelelawar mempunyai alat pendeteksi benda-benda di sekitarnya (sonar) |
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
& Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. 3. | Pengetahuan Praktek Sikap | * Pengetahuan * kadang-kadang Pengetahuan * tidak Pengetahuan * aktif Praktek * kadang-kadang aktif * tidak aktif * Sikap * kadang-kadang Sikap * tidak Sikap | 4 2 1 4 2 1 4 2 1 |
& LEMBAR PENILAIAN
No | Nama Siswa | Performan | Produk | Jumlah Skor | Nilai | ||
Pengetahuan | Praktek | Sikap | |||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. |
CATATAN :
@ Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel IPA
.................................. ..................................
NIP : NIP :
0 komentar:
Posting Komentar